3 Software ERP Terbaik untuk Tingkatkan Performa Bisnis!

3 rekomendasi erp

Table of Content

Apa itu ERP?

Enterprise Resource Planning atau ERP adalah sistem software yang dirancang agar kita bisa mengelola berbagai proses bisnis dengan lebih efisien. 

ERP mengintegrasikan berbagai fungsi bisnis menjadi satu platform. Jadi, dalam satu platform itu, kita bisa mengurus berbagai hal seperti:

  • Keuangan
  • Produksi 
  • Sumber daya manusia
  • Supply chain
  • dsb

Dengan ERP, kita bisa mendapat visibilitas yang lebih baik terhadap operasi bisnis dan meningkatkan kolaborasi antar-departemen.

Lantas, apa saja software ERP terbaik yang kita bisa pakai? Berikut penjelasannya!

Odoo ERP

Odoo memang didesain sebagai sebuah one-stop solution untuk manajemen bisnis. Platform ini memiliki berbagai aplikasi untuk mengelola aspek-aspek bisnis dalam satu platform.

Apa saja fitur-fitur Odoo? Sebagai sebuah platform ERP, Odoo menyediakan berbagai aplikasi yang mengurus berbagai aspek bisnis, antara lain:

  1. Finance: Accounting, invoice, expense, spreadsheet, document, dan signing
  2. Sales: CRM, sales management, point of sale (POS) for both shops and restaurants, subscriptions, and rental management.
  3. Websites: Website builder, eCommerce platform, blogging platform, forum, live chat, and eLearning platform.
  4. Inventory & MRP: Inventory management, manufacturing management, PLM (Product Lifecycle Management), purchase management, maintenance management, and quality control.
  5. Human Resources: Employee management, recruitment management, time-off management, performance appraisals, employee referrals, and fleet management.
  6. Marketing: Social media marketing, email marketing, SMS marketing, event management, marketing automation, and survey tools.
  7. Services: Project management, timesheet management, field service management, helpdesk support, planning, and appointment scheduling.
  8. Productivity: Alat kolaborasi seperti Discuss, approval workflows, IoT (Internet of Things) integration, VoIP (Voice over Internet Protocol), knowledge management, dan integrasi dengan Whatsapp

Odoo juga bersifat open-source, jadi jika ada fitur/aplikasi yang belum ada dari Odoo sendiri, kita bisa mencari plugin third-party atau kita bisa membuat aplikasi kita sendiri menggunakan fitur App-Studio yang telah disediakan oleh Odoo.

Odoo sangat mengedepankan fleksibilitas & kemudahan penggunanya lewat segala fitur yang ditawarkannya. Segala fungsi dan proses bisnis bisa dimonitor melalui satu platform yang bisa kita ubah dan/atau perbaharui sesuai kebutuhan. 

Secara pricing, Odoo menawarkan beberapa paket pembayaran yang bergantung pada jumlah pengguna. Harga penggunaan Odoo tidak terikat pada fitur-fitur (jadi tidak ada fitur yang dihalangi oleh paywall) tapi terikat pada jumlah user platform. 

Selain itu, untuk melakukan kustomisasi baik di konfigurasi awal atau di pembuatan aplikasi custom, diperlukan tenaga IT yang profesional antara dari tim IT sendiri atau dari jasa system integrator terpercaya.

Fitur Unggulan Odoo

  1. All-in-One Platform
  2. UI yang ramah pengguna 
  3. Open source

Batasan Odoo

  1. Kustomisasi memerlukan tenaga IT professional agar lebih mempermudah dan mempercepat proses tersebut.

SAP Business One (B1)

SAP Business One adalah salah satu solusi ERP yang banyak digunakan terutama di sektor SMB (Small-Medium Business). SAP Business One dikenal karena skalabilitasnya yang tinggi dan kemampuannya untuk mendukung berbagai industri dan ukuran perusahaan.

Apa saja fitur-fitur SAP Business One? 

Platform SAP Business One menyediakan fitur untuk mengurus beberapa aspek bisnis, antara lain:

  1. Management & Administration: User administration, Authorizations, Multiple currencies, Exchange rates, Multiple posting periods, Multi-branch, Data import, Opening balances, Approval processes, Calendar, Microsoft Office integration, Mobile interaction, Recurring transactions, Drop Ship, GDPR
  2. Accounting & Financials: Chart of accounts, Journal entries, Posting templates, Recurring postings, Financial reports, Budget management, Cost accounting, Incoming payments, Outgoing payments, Payment run, Bank statement processing, Checks & credit cards, Deferred payments, Account reconciliation, DATEV / ELSTER (DE), Fixed assets, SEPA
  3. Purchasing & Operations: Purchase request, Purchase quotations, Web-enabled RFQ, Purchase orders, Goods receipt POs, Goods returns, A/P Invoice, A/P Reserve Invoice, Down-payment Invoice, Down-payment request, Cancel marketing documents, A/P credit memos, Landed costs, Intrastat, PEPPOL
  4. Sales & Service: Opportunity and pipeline management, CRM, Campaign management, Blanket agreements, Quotations, Sales orders, Deliveries & returns, Invoices, Dunning & customer management, Gross profit calculation, Service management, Service planning, Customer interactions tracking, Equipment card handling, Service dashboards, Service contracts, Human resource integration, Knowledge database, Service calendar, Service call processing.
  5. Inventory, Distribution dan Warehouse Management: Item management, Item lists, Price lists, Goods receipts, Goods issues, Inventory transactions, Transfers, Serial number management, Batch number management, Price lists in multiple currencies, Special prices, Period and volume discounts, Pick and pack, Recurring transactions, Inventory tracking, Bin location, Multiple measurements, Inventory counting
  6. Production & MRP: Bills of material, Item sets, Production orders, Goods issues, Goods receipts, Production dashboards, GL account determination, Life cycle management, Item cost calculation, Forecasts, MRP, Make to order, Order recommendations, Production routing
  7. Project & Resource Management: Project management, Project stages, Stage dependencies, Sub-projects handling, Project time reporting, Internal project handling, Employee master data, Time sheet entries, Resource master data, Resource capacity planning, Gantt chart capacity viewing
  8. Custom Solution: User-defined fields creation, User-defined tables creation, User-defined queries creation, SQL query generator, Form UI configurator, User-defined alerts, Transaction notifications, Workflow designer, Business process checklist, User-defined cockpit, User-defined workbench

Secara pricing, SAP Business One memiliki pricing yang relatif lebih rendah dibandingkan ERP lainnya. SAP Business One juga memiliki fitur real-time analytics yang kuat. Selain itu, ada lebih dari 500 extension yang bisa kita pasang jika kita memerlukan fitur yang tidak ada di versi originalnya. ERP ini juga memiliki dua opsi yaitu versi Cloud maupun on-premise. 

SAP Business One cocok digunakan oleh bisnis kecil-menengah yang siap untuk mengembangkan bisnisnya dengan bantuan aplikasi canggih dan keputusan berbasis data.

SAP Enterprise One (E1)

Masih keluaran SAP, SAP Enterprise One (E1) atau seringkali hanya disebut SAP ERP adalah solusi ERP yang diciptakan untuk perusahaan tingkat korporat besar/enterprise. 

Aplikasi ini dikenal karena skalabilitasnya yang tinggi dan mendukung berbagai industri.

SAP ERP menyediakan dua opsi untuk menjalankan platformnya, yaitu RISE dan GROW.

SAP GROW

GROW adalah layanan ERP yang lebih sederhana dan dibuat agar bisnis bisa bertransisi dari solusi ERP lain menuju layanan ERP Cloud milik SAP. Platform GROW cocok dipakai untuk bisnis yang berkembang pesat dan memiliki kurang lebih 500 karyawan. 

SAP RISE

Sementara itu, RISE didesign untuk Perusahaan yang lebih besar dan memiliki proses-proses bisnis yang lebih kompleks. RISE merupakan bundle yang lebih komprehensif dan berisi berbagai Solusi ERP dan layanan transformative beserta alat analisis bisnis yang berbasis system cloud S/4HANA. 

RISE dibangun untuk pengguna layanan/solusi SAP lainnya, tapi juga bisa digunakan oleh pengguna-pengguna baru yang memerlukan solusi ERP yang ideal untuk perusahaan Tingkat korporat yang besar (megakorporat). 

RISE memiliki kecenderungan yang lebih bersifat fleksibel dan custom-built, menawarkan Solusi yang terkustomisasi ke kebutuhan spesifik untuk perusahaan tingkat besar. 

Kesimpulan

Jangan remehkan pilihan ERP, karena memilih ERP yang tepat untuk kita gunakan pada bisnis kita akan membuat proses bisnis menjadi lebih efisien. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Chat dengan Surya Prima Sakti
Selamat datang di Surya Prima Sakti!
Ada yang bisa kami bantu?